Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Nitaria Angkasa Resmi Menjadi Doktor Unila Pertama Ilmu Hukum Bidang Birokrasi Desa

Sabtu, 29 Juli 2023 | 10:23 WIB | Views Last Updated 2023-07-29T03:23:17Z
OkeStore Theme

SLTV.CO.ID, Bandarlampung — Pengacara kondang yang juga sebagai Ketua DPD Perkumpulan Pengacara dan Konsultan Hukum Indonesia (PPKHI) Provinsi Lampung Nitaria Angkasa, resmi meraih gelar doktor dalam ujian terbuka promosi doktor di Gedung A auditorium Fakultas Hukum Universitas Lampung, Pada Kamis (27/07/2023).


Nitaria Angkasa resmi menyandang gelar Doktor setelah selesai melaksanakan Ujian Terbuka (Promosi Doktor) Program Studi Doktor Ilmu Hukum (PSDIH) Fakultas Hukum Universitas Lampung (Unila), dengan disertasi yang berjudul "Pergeseran Birokrasi Dalam Penyelenggaraan Pemerintah Desa Berdasarkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.


Nitaria menjelaskan, Desa sebagai kesatuan terkecil di wilayah Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang sudah ada sejak sebelum zaman kemerdekaan Indonesia. Desa memiliki peran yang tidak dapat terpisahkan dari pemerintah yang ada di Indonesia. Desa sebagai salah satu kesatuan wilayah bagian dari negara Indonesia memiliki kewenangan dari pemerintah melalui kewenangan atribusi yaitu berdasarkan Konstitusi Negara Indonesia.


Tujuan dari penelitian ini, kata Dr. Nitaria, adalah untuk menganalisa dan menjelaskan penyelenggaraan birokrasi pemerintahan desa berdasarkan kewenangan desa, dan mendesain konsep good village governance dalam penyelenggaraan birokrasi pemerintah desa untuk mewujudkan desa mandiri.


Reformasi birokrasi dilaksanakan dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahanan yang baik (good governance) bagi masyarakat desa. Dengan kata lain, reformasi birokrasi adalah langkah strategis untuk membangun aparatur negara agar lebih berdaya guna dan berhasil guna dalam mengemban tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional.


Kemudian menurut Sekretaris Penguji : Prof. Dr. Muhammad Akib, S.H., M.Hum mengatakan, gagasan-gagasan Doktor Nitaria Angkasa ini dapat memperkuat pembangunan desa ke depan, sehingga benar-benar desa kita menjadi pangkal pembangunan.


Sidang Ujian Promosi Doktor Nataria Angkasa ini dipimpin oleh, 


Ketua Penguji : Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A.,I.P.M.  

Sekretaris /Penguji : Prof. Dr. Muhammad Akib, S.H., M.Hum, serta Penguji

1. Dr. H.M. Soeryo Respationo, SH., M.H., (Penguji Eksternal).

2. Dr. Muhammad Fakih, SH., M.H., (Penguji Internal).

3. Dr. FX Sumarja, S.H., M.Hum., (Penguji Internal).

4. Dr. Zulkarnain Ridwan, S.H., M.H., (Penguji Internal).

5. Dr. Hieronymus Soerjatisnanta, S.H., M.H., (Ko-Promotor 2).

6. Dr. Budiyono, S.H., M.H., (Ko-Promotor 1)

7. Dr. Prof. Dr. Yuswanto, S.H., M.H., (Promotor).


Dari Biro Bandar Lampung Tika Melaporkan.