Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

FWK Gelar Pelatihan Jurnalis Bersama Dewan Guru dan Siswa SMKS Nurul Huda Pringsewu

Minggu, 14 Agustus 2022 | 21:13 WIB | Views Last Updated 2022-08-14T14:13:34Z
OkeStore Theme

SLTV.CO.ID, PRINGSEWU - Wartawan Kompeten Wilayah Lampung Kabupaten Pringsewu turut ambil bagian dalam menyemarakkan Hari Kemerdekaan RI Ke 77 tahun di Kabupaten Pringsewu. Dalam kesempatan tersebut, FWK menggelar  Pelatihan Jurnalis dan memaparkan Peran Pers di Indonesia bersama Dewan Guru dan Siswa-siswi SMKS Nurul Huda di Aula Sekolah tersebut, Sabtu (13/08/2022).


Mailan Bastari, S.Pd, Guru Pembina mewakili Dr. Agus Irawan, S.Pd., M.Si. Kepala sekolah SMKS Nurul Huda, mengucapkan ucapan terima kasih, atas kehadiran serta terlaksananya kegiatan ini atas kesediaan Forum Wartawan Kompeten Untuk mengisi mata pelajaran di bidang mata pelajaran kewarganegaraan.


Ketua Forum Wartawan Kompeten, Jumadi MR, mengatakan, keberadaan insan pers kemerdekaan pers merupakan bagian dari cita-cita perjuangan bangsa. Meski zaman terus berubah mengikuti dinamika masyarakat, pers tetap harus menjalankan kewajibannya dalam mengawal setiap kebijakan yang diambil pemerintah. Semuanya itu, demi kepentingan masyarakat.


Sementara Hasbulloh Zs Sebagai pemateri memaparkan, Pers memilki peran yang sangat penting di dalam sebuah negara. Di negara demokrasi seperti Indonesia, pers menjadi tolak ukur kebebasan bersuara demi majunya negara. Dengan penuh semangat Hasbulloh memaparkan poin per poin kepada Siswa/i yang mengikuti pemaparan peran pers di Indonesia. 


Dikatakan Pers dalam menyebarkan informasi Sesuai dengan UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Pers berperan penting dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat. Baik buruknya informasi yang diterima masyarakat itu semua tergantung dari pers. Di sinilah pers harus betul-betul menerapkan kode etik jurnalistik.


Pers merupakan, sosial kontrol dalam kehidupan demokrasi, pers memiliki peran besar sebagai alat kontrol sosial, baik untuk pemerintah atau masyarakat. Pers adalah Penyambung lidah masyarakat Pers berperan untuk memastikan bahwa warga negara mendapatkan hak-hak mereka. Peran ini termasuk dalam fungsi pengawalan hak warga negara. Pers berperan sebagai perantara untuk masyarakat dalam menyampaikan aspirasi, kritik dan saran kepada Pemerintah.


Pers memiliki peran yang signifikan dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan tetap menjunjung tinggi kekritisan, pers dapat menyajikan informasi yang bersifat pengetahuan untuk menambah wawasan masyarakat. Demikian juga penyajian berita yang benar, jujur dan bertanggung jawab juga menjadi bagian dari usaha mencerdaskan kehidupan bangsa.


Dari Biro Pringsewu Zainal Arifin Melaporkan.